BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH
PROVINSI JAWA TENGAH

Jalan Pemuda Nomor 1, Semarang
Jawa Tengah, Indonesia

UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT WAJIB PAJAK PADA UP3AD KAB SRAGEN

Rabu , 7 - Januari - 2015 | BPPD

sms-sragen3Untuk meningkatan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor dengan mempercepat pengiriman pemberitahuan kepada wajib pajak akan jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan bermotor, Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kabupaten Sragen mulai Tahun 2015 akan melakukan uji coba penyampaian informasi ini melalui Short Message Service (SMS).

Sebelumnya pengiriman pemberitahuan ini atau lebih dikenal dengan Surat Pemberitahuan Kewajiban Pemilik Kendaraan Bermotor (Super KPKB) yang dikirim kurang satu / dua bulan sebelum jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan Bermotor ini dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak ketiga yakni kantor pos. Sedangkan lewat SMS direncanakan dikirimkan 1 (satu) minggu sebelum jatuh tempo.

Menurut Kepala UP3AD Sragen Budiharjo Mulyo Wibowo, pergantian pengiriman informasi via SMS ini  lebih dikarenakan pada pertimbangan agar lebih cepat, lebih efisien, lebih hemat, dan lebih efektif. Dengan menggunakan aplikasi SMS ini kita juga tidak perlu lagi ketergantungan terhadap SDM dalam jumlah yang banyak, cukup 1 atau 2 orang operator.sms-sragen1

Untuk mendukung pelaksanaan program ini pada pertengan tahun ini telah dilakukan input data wajib pajak. Sehingga dengan validasi data yang ada diharapkan dalam pelaksanaannya nanti benar-benar bisa berjalan sesuai harapan. UP3AD/Samsat Sragen merupakan UP3AD /SAMSAT pertama yang merintis pemberitahuan lewat SMS ini se-Jateng,” terangnya.

Secara teknis, isi dari pemberitahuan lewat SMS ini menginformasikan  tentang kewajiban wajib pajak, nama wajib pajak, nopol KBM, jatuh tempo pembayaran.

Contoh Narasi SMS :

Yth. Bp/Ibu ……….  KBM ANDA (Nopol) WKT PAJAK TGL …. BESAR PAJAK KETIK JATENG (spasi) NOPOL KIRIM 9600. KBM DIJUAL LAPORKAN /SMS KE SAMSAT SRAGEN 081329240839 BILA SDH BAYAR ABAIKAN SMS INI. TKS.

Budi menerangkan, dengan penggunaan SMS, biaya yang kita keluarkan jauh lebih murah dibanding dengan pengiriman lewat jasa kurir. Dikalkulasi saja, untuk biaya satu surat Rp. 3.000; sedangkan dengan SMS, kita paling dikenakan Rp. 300. Dengan hitungan ini berarti biaya satu surat bisa digunakan untuk SMS 10 kali. Coba bayangkan obyek di wilayah Sragen yang jumlahnya kurang lebih 300 ribu obyek, bagaimana dan berapa hematnya bila untuk se-Jawa Tengah.

Nantinya ke depan program SMS tersebut tidak hanya untuk pemberitahuan tentang jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada wajib pajak saja, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi lainnya yang berkaitan dengan program Samsat maupun kebijakan dinas lainnya. Misalnya : Kebijakan Pemutihan dll.

sms-sragen2Saat ditanya kendala jika nomer Hp wajib pajak diganti, Budi mengungkapkan, dirinya sudah lakukan antisipasi dengan memberikan penjelasan kepada wajib pajak supaya memberikan nomer Hp yang tetap dan benar. Jikalau memang wajib pajak terpaksa mengganti nomor Hp-nya, kita telah tekankan untuk melaporkan di kantor Samsat.

Pergantian pemberitahuan lewat SMS ini merupakan tuntutan pelayanan yang serba cepat di era tehnologi. Dengan demikian masyarakat wajib pajak juga bisa dengan mudah memberikan balasan atas layanan ini. Sehingga diharapkan pelayanan yang kita berikan kepada wajib pajak terus selalu meningkat.

Berita Terkait

post4

PENGADAAN AIR CONDITIONER DPPAD

Senin , 22 - Juni - 2015 | BPPD

PENGADAAN AIR CONDITIONER DPPAD   DANA Sumber Dana  : APBD Jateng Pagu                 : Rp.  1.745.000.000,- HPS        …