BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH
PROVINSI JAWA TENGAH

Jalan Pemuda Nomor 1, Semarang
Jawa Tengah, Indonesia

SOSIALISASI PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA SURAKARTA

Rabu , 5 - April - 2017 | BPPD

Sosialisasi_Kota SurakartaUnit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kota Surakarta mengadakan Sosialisasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta (4/4/2017). Acara yang diikuti oleh pengurus RT dan RW sebanyak 25 orang se Kelurahan Sumber berlangsung hangat dan penuh keakraban. Turut hadir pada kesempatan tersebut Lurah Sumber Sulistiyowati beserta jajaran Kelurahan Sumber.

Drs. Marjudi, Kepala UPPD Kota Surakarta selaku narasumber kegiatan tersebut mengajak pengurus RT/RW Kelurahan Sumber untuk ikut mensosialisasikan kemudahan pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada anggota masyarakat yang lain. “Sekarang ini pembayaran pajak kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan 60 (enam puluh) hari sebelum jatuh tempo” ujarnya. Pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kota Surakarta bisa dilakukan di Kantor Samsat, Samsat Drive Thru Halaman Kantor Pasar Kliwon dan Kendaraan Samsat Keliling.

Saat sosialisasi yang juga diwarnai dialog mengemuka beberapa pertanyaan dari warga antara lain mengenai naiknya biaya pembayaran pajak kendaraan bermotor. Marjudi mengungkapkan, bahwa tarif pajak kendaraan bermotor sebesar 1,5% (kepemilikan kendaraan pertama) dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dan bobot tidak mengalami kenaikan sejak tahun 2011 sesuai pasal 8 Perda Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah Jawa Tengah.

Kenaikan biaya yang berlaku adalah untuk pengesahan tahunan kendaraan bermotor roda 2 dan 3 yang semula nol rupiah menjadi 25 ribu rupiah dan kendaraan bermotor roda 4 atau lebih menjadi 50 ribu rupiah berdasarkan PP 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. (am-psi)

Berita Terkait

post4

PENGADAAN AIR CONDITIONER DPPAD

Senin , 22 - Juni - 2015 | BPPD

PENGADAAN AIR CONDITIONER DPPAD   DANA Sumber Dana  : APBD Jateng Pagu                 : Rp.  1.745.000.000,- HPS        …