BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH (BPPD)
PROVINSI JAWA TENGAH

Jalan Pemuda Nomor 1, Semarang 50142, Jawa Tengah, Indonesia
Phone : (024) 3515514, Fax : (024) 3541673, 3569086

Sosialisasi BMD Guna Akurasi Penyajian Data Aset Lain

Monday , 18 - April - 2016 | BPPD

Sosialisasi penatausahaan Barang Milik Daerah (BMD) guna akurasi penyajian data aset lainnya, menjadi headline dalam acara sosialisasi yang diadakan Bidang Fasilitasi Pengadaan Aset Daerah (Fasda) bersama para pengurus barang dan pembantu pengurus barang SKPD se Jawa Tengah. Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan di ruang pertemuan Gedung B Dinas PPAD Prov Jateng, dihadiri oleh Kepala Dinas PPAD Prov Jateng, Hendri Santosa, Kepala Bidang Fasda, Ninik Mardiastuti dan SmELL, rekanan pembuat aplikasi Sim Aset.

Kepala Dinas PPAD Prov Jateng, Hendri Santosa, kepada para pengurus barang dan pembantu pengurus barang yang hadir dalam sosialisasi tersebut mengatakan, bahwa jumlah aset milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, jumlahnya sangat luar biasa. Dan sesuai dengan rekomendasi dari BPK serta pemberlakuan sistem manajement berbasis akrual yang telah diberlakuan maka pendataan aset seluruh UPT maupun SKPD yang ada di seluruh wilayah Kabupaten/kota di Jawa Tengah diharapkan dapat didata dengan lebih baik.

seluruh aset milik pemerintah Provinsi Jawa Tengah, baik berupa tanah,bangunan, peralatan dan mesin, baik yang dikerjasamakan dengan pihak ke 3 maupun yang di KSO kan supaya didata sesuai rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Tengah. Saya berharap bila ada aset yang tidak digunakan serta tidak lagi dapat menunjang tupoksi harap informasikan dan hubungi kami karena DPPAD secara tupoksi memang menangani masalah aset. Sehingga aset tersebut bisa kita upayakan pemberdayaannya melalui pihak ketiga.ujar Kadinas.

Dalam kesempatan tersebut Kadinas juga mengharapkan dukungan dari rekan-rekan pengurus barang yang ada di SKPD yang menurutnya lebih tahu masalah data mengenai aset. Karena menurut Kadinas saat ini banyak sekali aset milik Pemprov Jateng, yang diclaim oleh pihak lain yang sebetulnya tidak berhak. Menurut Kadinas ada beberapa pendekatan dan strategi yang bisa dipakai untuk mengupayakan mengembalikan aset yang sekiranya diclaim oleh pihak lain melalui berbagai cara.

Primadona aset

Untuk saat ini aset milik provinsi Jawa Tengah, dinilai tidak semenarik pajak kendaraan bermotor yang dikatakan oleh Kadinas sebesar 87 persen menjadi andalan dan primadona sebagai penyumbang PAD bagi Provinsi Jawa Tengah. Namun ke depan sekitar lima (5) tahun yang akan datang Kadinas memperkirakan aset akan menjadi sumber pendapatan utama menggantikan PKB/BBNKB.

Menurut Kadinas lima tahun ke depan, Kota di Jawa Tengah ini akan disesaki oleh kendaraan bermotor sehingga orang akan memilih angkutan masal yang dikembangkan oleh Pemerintah yang saat ini telah mulai digalakkan. Dengan makin masifnya angkutan berbasis masal maka kecenderungan orang membeli mobil akan semakin berkurang dan tentu akan berimbas pada makin menurunnya pajak dari kendaran bermotor.

Untuk itu, Kadinas menyatakan salah satu hal yang bisa dilakukan oleh Dinas PPAD Prov Jateng, dalam mengantisipasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan aset yang jumlahnya luar biasa untuk dikerjasamakan. Kadinas berharap khususnya kepada yang muda-muda untuk bersama-sama bekerja lebih keras dalam mendata aset dan memberdayakannya. Tren PKB turun tapi kita bisa memberdayakan aset, dimulai saat ini dengan melakukan tertib administrasi dan manfaatkan aplikasi aset yang telah dikembangkan untuk menunjang PAD bagi daerah. Sementara itu Kepala Bidang Fasda Ninik Mardiastuti, dalam uraiannya, menyatakan para pengurus barang dan pembantu pengurus barang, diharapkan mempunyai inovasi dan kreatifitas dalam pelaksanaan tugasnya. Ditegaskan pula bahwa para petugas pengurus barang dan pembantu pengurus barang juga sudah harus melakukan kegiatannya dengan menggunakan Standar Administrasi Publik berbasiskan akrual basis. Terlebih saat ini telah ada aplikasi yang lebih mempermudah dalam pencatatan barang.

Picture2

 

Berita Terkait