BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH (BPPD)
PROVINSI JAWA TENGAH

Jalan Pemuda Nomor 1, Semarang 50142, Jawa Tengah, Indonesia
Phone : (024) 3515514, Fax : (024) 3541673, 3569086

Pemerintah Daerah Diharapkan Berperan Aktif Meningkatkan Pendapatan

Thursday , 11 - April - 2019 | BPPD

Guna peningkatan sinergitas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah terkait dengan penerimaan Bagi Hasil Pajak Daerah Provinsi, Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah menggelar forum pertemuan bersama dengan Badan Keuangan Daerah (BPKAD/Bakeuda/BKD) se-Jawa Tengahpada tanggal 22 Februari sampai dengan 22 Maret 2019 dan dibagi menjadi tiga tempat pelaksanaan yakni Kota Surakarta (Koordinator Wilayah Surakarta dan Pati), Kabupaten Magelang (Koordinator Wilayah Kedu dan Banyumas) dan Kota Tegal (Koordinator WilayahPekalongan).

Dalam acara tersebut, Kabid Retribusi dan Pendapatan Lain, Bangun Tintriyanto melalui Kasubbid Pendapatan Lain-Lain BPPD Jawa Tengah, Bambang Hariyanto memaparkan bahwa ada lima pajak daerah Provinsi yang dibagikan kepada Kabupaten/Kota yakni Pajak Kendaraan Bermotor (30%), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (30%), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (70%), Pajak Air Permukaan (50%), dan Pajak Rokok (70%). Besaran penerimaan bagi hasil di tiap Kabupaten/Kota mendasarkan pada pola penghitungan unsur tertimbang dan proporsional sebagaimana diatur dalam Pergub Jawa Tengah No. 67 Tahun 2014 tentang Tata Cara Bagi Hasil Penerimaan Pajak Daerah Provinsi Jawa Tengah Kepada Kabupaten/Kota. Apabila semakin tinggi penerimaan di suatu daerah, maka semakin tinggi pula bagi hasil yang diberikan.

Dari realisasi penerimaan Rp 11,7 Triliunpajak daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018, sebanyak Rp 4,9 Triliun nya dibagikan kepada Kabupaten/Kota ungkap Bambang. Dana tersebut dapat digunakan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membangun infrastruktur jalan maupun sebagainya.“Hampir Rp 5 Triliun. Itu angka yang cukup besar. Untuk itu kami minta peran Pemerintah di Kabupaten/Kota untuk dapat bersama-sama mengoptimalkan pendapatan. Bisa membantu melalui sosialisasi tentang kesadaran membayar pajak ataupun sebagainya” ujarnya.(amd)

Berita Terkait

post4

JUMAT BERKAH BPPD PROVINSI JAWA TENGAH

Friday , 5 - April - 2019 | BPPD

Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan “Jumat Berkah” pada Jumat 05/04/2019. Kegiatan sosial yang berbentuk pembagian nasi bungkus kepada warga masyarakat sekitar…