BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH (BPPD)
PROVINSI JAWA TENGAH

Jalan Pemuda Nomor 1, Semarang 50142, Jawa Tengah, Indonesia
Phone : (024) 3515514, Fax : (024) 3541673, 3569086

Pak Ganjar Sidak Ke Samsat Kendal

Tuesday , 15 - July - 2014 | BPPD

DSC_0453_640x428_320x214Ajakan  bekerja keras dan cerdas menjadi slogan paling sering diungkapkan Gubernur Ganjar Pranowo, dalam berbagai kesempatan. Namun tidak seluruh aparatur mampu merespon ajakan Gubernur. Terbukti beberapalini layanan public masih belum mampu memberikan sesuatu yang terbaik bagi masyarakat. Bahkan tak jarang masyarakat justru mengeluhkannya.

Pembangunan infrastrustur merupakan arah kebijakan utama masa pemerintahan Gubernur Ganjar saat ini. Untuk itulah seluruh aparatur pemerintah di wilayah Provinsi Jawa Tengah, diharapkan mampu mendukungnya. Termasuk dalam hal melayani masyarakat yang menurutnya wajib ditingkatkan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Merespon berbagai keluhan masyarakat, Gubernur sering kali melakukan inspeksi mendadak (sidak) yang terkadang membikin kalangkabut aparat. Setelah beberapa waktu lalu sempat menyambangi jembatan timbang (JT) di daerah Pantura (Subah)- belum lama ini mantan anggota DPR RI ini kembali menyidak Kantor Samsat Kendal. Dalam sidaknya Gubernur bertemu langsung Kapolres AKPB Haryo Sugihartono dan Kasatlantas AKP ChristianAER. Dalam kesempatan tersebut tampak pula Bupati Kendal Widya Kandi Susanti, Kepala DPPAD Jateng Herry Supangkat, Sekretaris DPPAD Jateng, Rina Irawanti dan Kepala UPPD Kendal Sulijasih.

Kepada petugas Ganjar sempat menanyakan kenapa tidak mencetak plat nomor yang dibutuhkan masyarakat. Menurut mereka ketiadaan bahan baku selama berbulan bulan dropingan dari pusat adalah alasan tidak mencetak dan bekerjanya mereka.

“Keluhan masyarakat itu  menjadi tanggungjawab kita. Yang dibutuhkan masyarakat adalah kepastian tersedianya plat nomor,”ujar Ganjar , seraya menyebut bahwa itu semua menjadi tanggungjawabnya pula untuk berkomunikasi dengan Mabes Polri.

Setelah melihat secara langsung keberadaan showroom plat nomor yang tidak beroperasi, Ganjar kembali masuk ke ruang layanan Kantor Samsat dan berkomunikasi langsung dengan wajib pajak serta menanyakan bagaimana pelayanan di Samsat  Kendal. Beberapa pertanyaan kritis sempat langsung  ditanyakan Gubernur kepada wajib pajak yang sedang mengurus perpanjangan motornya sendiri dan menunggu panggilan petugas di rung tunggu. “Sedang ngurus apa mas? Ngurus sendiri apa diuruskan ? Tidak lewat calo….? Ada kesulitan tidak mengurus sendiri? Terhadap pertanyaan Gubernur, wajib pajak, menyatakan bahwa pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor  menurutnya saat ini banyak kemudahan didapatkan sehingga dirinya lebih suka mengurus sendiri dan tidak lewat calo.”O ya sudah terimakasih ya,”selidik Pak Ganjar, mencari tahu kesulitan mengurus pajak kendaraan bermotor .

Asal-asalan.

Sidak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sangat menarik perhatian media. Beberapa media besar maupun kecil, cetak dan elektronik  datang dan meliput kegiatan Gubernur baik di kawasan industry terpadu, Kantor Samsat Kendal maupun inspeksi Gubernur untuk melihat dari dekat pengerjaan jalur Pantura di Kendal.

DSC_0544_640x428_320x214Selain berupaya membenahi system pelayanan masyarakat agar terlihat baik dan tidak merugikan masyarakat, Gubernur yang kini focus membenahi infrastruktur tidak segan untuk mengecek langsung kualitas proyek yang dikerjakan. Menurutnya, rusaknya infrastruktur jalan Pantura ada dua penyebab. Satu masalah kualitas pengerjaan-kedua kelebihan tonase. “ Yang membikin jalan cepat rusak itu karena pengerjaannya yang asal-asalan dan tidak berkualitas. Selain itu tentu tonase yang melebihi ketentuan, besar sekali pengaruhnya terhadap kualitas jalan. Makanya dua permasalahan ini harus diawasi terus kalau tidak ingin semuanya rusak”. Gubernur kepada para awak media juga memperlihatkan secara langsung roadmap pengerjaan jalur Pantura.”Ini, Saya sudah punya peta roadmap jalur Pantura, yang berwarna merah memanjang itu merupakan jalur yang sedang dikerjakan,”paparnya sambil memperlihatkan gambar di tablet yang dipegangnya.

Pelayanan masyarakat dan peningkatan infrastruktur kini tetap menjadi focus pemerintah Jawa Tengah, untuk secepatnya diperbaiki dan dibenahi dalam upaya menggeliatkan ekonomi agar lebih bergairah.   Dan tentu saja semua yang dilakukan diharapkan  tidak meninggalkan kualitas sehingga layanan yang diberikan tidak berkesan asal

Berita Terkait

post4

JUMAT BERKAH BPPD PROVINSI JAWA TENGAH

Friday , 5 - April - 2019 | BPPD

Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan “Jumat Berkah” pada Jumat 05/04/2019. Kegiatan sosial yang berbentuk pembagian nasi bungkus kepada warga masyarakat sekitar…