BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH
PROVINSI JAWA TENGAH

Jalan Pemuda Nomor 1, Semarang
Jawa Tengah, Indonesia

Memulai Bisnis di Masa Pensiun

Sabtu , 7 - Desember - 2013 | BPPD

Peluang usaha apa saja yang bisa anda lakukan, ditengah kesulitan ekonomi sekarang ini? apa yang bisa anda kerjakan dimasa pensiun? Mungkin anda ragu bila ingin memulai bidang usaha yang belum ada atau masih jarang dilakukan oleh sebagian orang. Namun itu bukan berarti anda tidak akan bisa sukses. Bisa juga anda memulai bidang usaha yang sudah banyak dilakukan. Banyak orang  ragu untuk memulai bidang usaha yang baru, tapi tidak sedikit pula orang yang ragu untuk memulai bidang usaha yang sudah banyak dijalankan.

Masa pensiun membuat para pensiunan berfikir untuk memulai bisnis. Dikarenakan pada masa itu menurunlah penghasilan, namun kebutuhan finansial yang masih cukup tinggi. Tapi apakah mungkin seorang pensiunan baru memulai bisnis, sedangkan kondisi fisik dan kesehatannya sudah menurun?  Tidak dapat dipungkiri banyak pula pensiunan yang masih merasa mampu dan berpotensi untuk terus berkarya dan berpenghasilan.

Untuk menepis segala keraguan anda, berikut beberapa strategi yang perlu dicermati untuk memulai berbisnis dimasa pensiun :

Memulai bisnis jauh sebelum masa pensiun tiba

pensiunBisnis harus dirintis jauh sebelum pensiun, pertimbangannya adalah untuk mengubah cara berpikir dari karyawan menjadi seorang pebisnis. Ada dua kemungkinan dalam berbisnis, bisa sukses dan juga bisa gagal. Butuh proses yang panjang dan banyak pembelajaran juga pengalaman untuk mencapai keberhasilan. Agar nantinya para pensiun, tidak menggantungkan penghasilan sepenuhnya pada bisnis yang baru dibangun.

Manfaatkan potensi diri dan gunakan modal minimal

Kembangkan potensi dalam diri anda, hubungkan dengan hobby yang bisa  dilakukan sehari-hari. Secara psikologi sangat bermanfaat dalam kesehatan jiwa, menambah semangat hidup, selain itu bila berkembang menjadi bisnis yang sukses dan dapat membuka lapangan pekerjaan, akan memberikan kepuasan tersendiri bagi hidup anda. Mulailah bisnis dengan modal minimal, jangan dulu mengharap keuntungan melimpah pada awal usaha. Ubah gaya hidup yang konsumtif, menjadi lebih termanage.

Bekerja sesuai kemampuan

Memulai bisnis diusia pensium bukanlah patokan untuk menjadi milyader atau jutawan. Namun yang terpenting adalah dapat memenfaatkan dengan baik potensi dalam diri. Jadi, jagalah kesehatan, emosional, dan jangan bekerja dan berfikir terlalu berat, karena akan mempengaruhi kesehatan yang telah cenderung menurun di usia pensiun. Pilihlah bisnis yang tepat, karena sangat menentukan jalan hidup anda. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan pengalaman dan skill anda.

Berita Terkait

post4

PENGADAAN AIR CONDITIONER DPPAD

Senin , 22 - Juni - 2015 | BPPD

PENGADAAN AIR CONDITIONER DPPAD   DANA Sumber Dana  : APBD Jateng Pagu                 : Rp.  1.745.000.000,- HPS        …