BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH (BPPD)
PROVINSI JAWA TENGAH

Jalan Pemuda Nomor 1, Semarang 50142, Jawa Tengah, Indonesia
Phone : (024) 3515514, Fax : (024) 3541673, 3569086

DPPAD Mulai Mengimplementasikan SPIP Tahun 2015

Monday , 19 - October - 2015 | BPPD

Implementasi SPIP ini mendasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang telah dijabarkan lebih lanjut dalam Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 89 Tahun 2010 tentang SPIP di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Keputusan Inspektur Provinsi Jawa Tengah No. 700/1541/1.2/2015 Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan SPIP Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, implementasi SPIP di lingkungan DPPAD juga mendasarkan pada Keputusan Kepala Dinas nomor 900/24/2015 tentang Pembentukan Satuan Tugas SPIP. Sesuai SE Sekda Provinsi Jawa Tengah No.700/010107 tanggal 7 Juli 2015 bahwa semua SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah harus menyelesaikan penyusunan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) pada akhir bulan Agustus 2015.

Implementasi diawali dengan menyusun Dokumen RTP-SPIP yang merupakan uraian mengenai desain rencana pengendalian atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang diharapkan dapat memberikan keyakinan atas pencapaian tujuan yang ditetapkan dalam dokumen perencanaan dan penganggaran serta penetapan kinerja.

Pembahasan rancangan akhir RTP-SPIP DPPAD Tahun 2015 dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2015 melalui kegiatan focus group discussion yang berlangsung di Kota Salatiga. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 75 peserta yang terdiri dari unsur Pejabat Eselon II, III, IV beserta staf.

Menurut Sekretaris DPPAD selaku Ketua Satgas SPIP, Putu Adhi Sutrisna, SH bahwa penyusunan Dokumen RTP-SPIP bertujuan untuk memberikan acuan bagi unsur pimpinan dan staf dalam menerapkan strategi pengendalian untuk mengantisipasi risiko kegagalan dan/atau mempercepat keberhasilan pencapaian tujuan organisasi.

Secara umum, substansi yang tertuang dalam Dokumen RTP-SPIP meliputi: pernyataan tujuan dan sasaran prioritas; penguatan lingkungan pengendalian; penilaian risiko yang mungkin terjadi dalam pencapaian tujuan dan sasaran; penguatan struktur, kebijakan, dan prosedur organisasi untuk mengendalikan risiko; pengkomunikasian informasi keseluruhan unsur pengendalian termasuk hasil penguatannya; dan pemantauan keseluruhan unsur pengendalian.

Adapun ruang lingkup dalam penyusunan Dokumen RTP-SPIP ini difokuskan pada :

  1. Pengendalian atas kegiatan‐kegiatan strategis dalam rangka pencapaian tujuan DPPAD;
  2. Pelibatan seluruh unsur pimpinan dan staf pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Aset Daerah termasuk didalamnya Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UPPD);
  3. Pengendalian intern atas pelaksanaan program dan kegiatan pada Tahun Anggaran 2015.

Dalam kegiatan focus group discussion tersebut ditandatangani berita acara kesepakatan dari seluruh anggota Satgas SPIP DPPAD yang pada intinya menyepakati penetapan Dokumen RTP-SPIP Tahun 2015 dan komintem untuk melaksanakannya secara sungguh sungguh.

Dengan telah ditetapkannya RTP-SPIP DPPAD Tahun 2015 pada tanggal 31 Juli 2015, maka DPPAD menjadi SKPD pertama yang telah menetapkan Dokumen RTP di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Berita Terkait

post4

JUMAT BERKAH BPPD PROVINSI JAWA TENGAH

Friday , 5 - April - 2019 | BPPD

Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan “Jumat Berkah” pada Jumat 05/04/2019. Kegiatan sosial yang berbentuk pembagian nasi bungkus kepada warga masyarakat sekitar…