BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH (BPPD)
PROVINSI JAWA TENGAH

Jalan Pemuda Nomor 1, Semarang 50142, Jawa Tengah, Indonesia
Phone : (024) 3515514, Fax : (024) 3541673, 3569086

Bidang Lolaset Rakor bersama SKPD Pengguna

Monday , 19 - October - 2015 | BPPD

Bidang Pengelolaan Aset (Lolaset) DPPAD Provinsi Jawa Tengah, mengadakan Rapat Koordinasi penggunaan dan pemanfaatan aset daerah bersama SKPD pengguna barang milik daerah Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan rapat bersama jajaran SKPD ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti hasil kunjungan komisi A keberbagai daerah atas beberapa permasalahan aset tanah, gedung dan bangunan yang dinilai belum cukup optimal penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pengelolaannya.

Hadir dalam rapat aset diantaranya Kepala Bidang Lolaset Samsaimun didampingi Kepala Seksi pemberdayaan dan pemanfaatan aset daerah Suyono serta jajaran Kepala Seksi PPA, dan SKPD pengguna. Dalam sambutannya Kepala DPPAD Jateng melalui Kepala Bidang Lolaset Samsaimun mengatakan, rapat koordinasi yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari kunjungan Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah ke berbagai daerah, yang mempertanyakan perihal permasalah aset daerah khususnya aset tanah, gedung dan bangunan oleh pengguna aset yang dinilai belum secara intensif dan optimal pemanfaatannya. Kadinas berharap agar UPPD dan pengguna aset dapat melakukan langkah-langkah konkret berkait permasalahan yang dihadapi secara bersama-sama.

Aset yang selama ini tak terkelola dengan baik diharapkan dapat segera diberdayakan melalui tekanan-tekanan agar aset-aset tersebut didayagunakan dengan baik dan tidak sampai mangkrak. Hal tersebut dimaksudkan sebagai langkah mengoptimalkan pendapatan daerah melalui retribusi. Upaya Rakor tersebut juga diharapkan menjadi langkah terwujudnya tertib administrasi secara integral dan menyeluruh dari unsur-unsur terkait pengelola aset di lingkup provinsi Jawa Tengah.

Kadinas dalam sambutannya berharap hasil evaluasi kunjungan dewan komisi A perihal aset tanah dan bangunan serta Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI `dapat segera ditindaklanjuti sebaik mungkin dan diperhatikan. Jajaran UPPD bersama SKPD pengguna diharapkan dapat terus melakukan koordinasi bila didapatkan ada hasil kurang optimal terhadap aset yang ada. Kadinas juga menekankan agar aset yang digunakan oleh SKPD secepatnya dilakukan identifikasi atas nilai aset dan segera diberi papan nama untuk menghindari penyerobotan.

Jajaran DPPAD Provinsi Jateng selaku pengelola aset juga diharapkan selalu berkoordinasi dengan SKPD terutama dalam penyelesaian atas aset-aset yang bersengketa untuk secepatnya dilakukan inventarisasi aset . Terakhir Kadinas berharap kepada seluruh peserta Rakor untuk dapat mengimplementasikan tugas sehari-hari dan memantapkan untuk pengelolaan aset.

Rapat koordinasi dan penataan pengelolaan aset daerah ini juga diisi dengan diskusi dan silaturahmi. Menurut Kepala Seksi pemanfaatan aset Suyono, jalinan silaturahmi yang kini dinilai makin baik antara jajaran UPPD sebagai pengelola aset daerah dan SKPD sebagai pengguna diharapkan mampu menumbuhkan kinerja yang semakin baik. Menurut Suyono, tujuan utama diadakannya rapat koordinasi ini adalah untuk menginformasikan permasalahan yang perlu ditindaklanjuti sehubungan dengan adanya catatan hasil kunjungan Komisi A DPRD Prov Jateng dan adanya laporan hasil pemeriksaan BPK RI berkaitan dengan masalah penggunaan dan pemanfaatan barang milik daerah. Upaya ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan peran dan tugas pengurus barang, PPA dan UPPD terutama dalam memberikan pemahaman permasalahan yang perlu dikoordinasikan oleh pengurus barang.

Dengan adanya rakor penggunaan dan pemanfaatan aset daerah ini diharapkan berbagai permasalahan yang timbul dan belum mampu tertangani dengan baik akan segera dapat dicarikan solusinya melalui aktion yang segera dilaksanakan. (tim)

Berita Terkait