BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH (BPPD)
PROVINSI JAWA TENGAH

Jalan Pemuda Nomor 1, Semarang 50142, Jawa Tengah, Indonesia
Phone : (024) 3515514, Fax : (024) 3541673, 3569086

Bagi Hasil Pajak Rokok Wajib Untuk Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)

Thursday , 11 - April - 2019 | BPPD

Sebagai bentuk dukungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pemerintah Kabupaten/Kota wajib mengalokasikan anggaran minimal 37,5 persen dari 70 persen penerimaan Pajak Rokok yang dibagi hasilkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Retribusi dan Pendapatan Lain, Bangun Tintriyanto, saat acara rekonsiliasi kontribusi Pajak Rokok terhadap kepesertaan BPJS Kesehatan di Gedung Pertemuan Hanggawana Samsat Kota Tegal padaJumat 22 Maret 2019.

Acara yang dihadiri oleh Badan Keuangan Daerah (BPKAD/Bakeuda/BKD) dan BPJS Kesehatan se-Jawa Tengah itu adalah sebagai bentuk tindak lanjut terbitnya Perpres No. 82 Tahun 2018 tentang JKN dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 128/PMK.07/2018 tentang Tata Cara Pemotongan Pajak Rokok Untuk Kontribusi JKN.

Kasubbid Pajak Lain-Lain Bidang Retribusi dan Pendapatan Lain BPPD Jateng, Haryono menyampaikan dari Pajak Rokok yang diterima oleh Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota, 37,5 persennya harus dialokasikan untuk jaminan kesehatan daerah. “Ini dimulai sejak 2018 akhir, dan ini untuk tertib penatausahaan alokasi anggaran untuk kesehatan baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Pajak rokok yang dipungut oleh Bea Cukai bersamaan dengan pemungutan cukai rokok yang kemudian oleh Kementerian Keuangan disetorkan ke BPPD Provinsi dan selanjutnya dibagihasilkan ke Pemerintah Kabupaten/Kota”, jelasnya.

Acara yang bertujuan untuk menyamakan persepsi atas besaran angka yang dialokasikan oleh masing-masing Kabupaten/Kota itupun juga dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah BPJS Kesehatan Jawa Tengah & DIY, Aris Jatmiko. Pada kesempatan itu Aris mengharapkan kedepan akan lebih banyak lagi masyarakat yang tercover sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.(amd)

Berita Terkait

post4

JUMAT BERKAH BPPD PROVINSI JAWA TENGAH

Friday , 5 - April - 2019 | BPPD

Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan “Jumat Berkah” pada Jumat 05/04/2019. Kegiatan sosial yang berbentuk pembagian nasi bungkus kepada warga masyarakat sekitar…